Welcome to My Blog, guys:-D

Senin, 21 Maret 2016

Softskill : Akuntansi Internasional

Nama      : Suriana Juniarti
NPM        : 27212205
Kelas       : 4EB17

Penerapan Sistem Akuntansi di Negara
Amerika Serikat dan Cina
Akuntansi pada umumnya menyediakan informasi mengenai perusahaan dan transaksinya yang mencakup beberapa proses seperti pengukuran, pengungkapan, dan pemeriksaan (auditing). Akuntansi internasional merupakan akuntansi untuk transaksi antar negara, pembandingan prinsip-prinsip akuntansi di negara-negara yang berlainan dan harmonisasi standar akuntansi diseluruh dunia. Perkembangan akuntansi internasional dewasa ini semakin pesat. Sedangkan Akuntansi komparatif adalah akuntansi untuk transaksi internasional, perbandingan prinsip-prinsip akuntansi antar negara yang berbeda dan harmonisasi berbagai standar akuntansi dalam bidang kewenangan pajak, auditing, dan bidang akuntansi lainnya. Pengetahuan khusus tentang akuntansi dalam sebuah negara diperlukan untuk menganalisis laporan keuangan tersebut. Standar akuntansi merupakan regulasi atau peraturan yang mengatur pengolahan laporan keuangan. Setiap negara memiliki lembaga pengatur standar pelaporan keuangan yang berbeda-beda. Indonesia memiliki Ikatan Akuntansi Indonesia yang mengeluarkan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan sebagai satu-satunya standar yang diterima sebagai “bahasa bisnis” perusahaan-perusahaan di Indonesia. Sama halnya dengan Anerika Serikat yang memiliki Generally Accepted Accounting Principles (GAAP) yang dirilis oleh Financial Accounting Standards Boards (FASB). Berikut ini merupakan penjelasan mengenai sistem akuntansi di Amerika Serikat dan Cina.

Amerika Serikat
Sistem akuntansi di Amerika Serikat diatur badan sektor khusus Dewan Standar Akuntansi Keuangan (Financial Accounting Standard Board – FASB). Dan standarisasi Amerika adalah agensi kepemerintahan Komisi Keamanan dan Kurs (Securities dan Exchange Commision – SEC). Secara historis standar akuntansi telah ditetapkan oleh American Institute of  Certified Akuntan Public (AICPA) yang merupakan Institut sertifikasi akuntan publik Amerika sebagai badan khusus lain yang mengaudit standarisasi negara ini.
Organisasi-organisasi lainnya yang ikut terlibat dalam menentukan standar akuntansi Amerika Serikat meliputi Dewan Standar Akuntansi Pemerintahan (GASB) dan Public Company Accounting Oversight Board (PCAOB) oleh dewan yang berwenang untuk mengeluarkan regulasi audit dan auditor perusahaan publik.

Regulasi dan pelaksanaan akuntansi
Sistem yang dianut Amerika Serikat tidak memiliki persyaratan legal untuk publikasi mengenai laporan audit periodic keuangan karena perusahaan di Amerika Serikat dibentuk dibawah hukum negara, dimana setiap negara bagian memiliki hukum perusahaannya sendiri. SEC memiliki kewenangan untuk menjelaskan standar akuntansi dan laporan kepada perusahaan publik akan tetapi juga bergantung pada sektor swasta dalam penerapan standarisasi tersebut. Sebagai bagian dari proses regulasi, SEC mengeluarkan accounting series releases, financial reporting releases, dan staf accounting bulletins.  Prinsip akuntansi yang berlaku umum (Generally Accepted Accounting Principles – GAAP) terdiri dari atas seluruh standar akuntan keuangan, peraturan, dan regulasi yang harus dipatuhi dalam mempersiapkan laporan keuangan dengan komponen utama dari GAAP ini adalah SFASs.
Laporan Keuangan
Laporan keuangan tahunan pada perusahaan besar di Amerika Serikat memiliki beberapa komponen yang meliputi Laporan Manajemen, Laporan auditor independen, Laporan keuangan primer (Laporan laba rugi, neraca, laporan arus kas, laba rugi komprehensif, perubahan ekuitas pemegang saham), Diskusi manajemen yaitu Analisis atas hasil Operasi dan Kondisi Keuangan, Penjelasan mengenai kebijakan akuntansi dengan dampak yang paling kritis pada laporan keuangan, Catatan atas laporan keuangan, dan perbandingan data keuangan selama lima atau sepuluh tahun serta Data triwulan terpilih.

Patokan Akuntansi
Peraturan patokan akuntansi di Amerika Serikat berasumsi bahwa kesatuan bisnis akan terus berlangsung jika terus diperhatikan. Dasar perhitungan akrual cukup meresap, serta peraturan transaksi dan pengenalan event sangat bergantung pada konsep yang cocok. Sebuah konsistensi membutuhkan pemaksaan pada keberagaman perlakuan akuntansi terhadap pokok tertentu pada tiap periode akuntansi dari satu periode ke periode selanjutnya. Patokan akuntansi AS juga meliputi penggabungan bisnis dihitung seperti sebuah pembelian, goodwill dikapitalisasi, aset berwujud dan tidak berwujud dinilai dengan harga perolehan, persedian menggunakan metode FIFO, LIFO dan average, penyusutan dan amortisasi ditentukan dengan estimasi umur ekonomis serta biaya penelitian dan pengembangan dibebankan saat terjadinya. Pengukuran akuntansi dengan dasar akrual sangat luas dan pengakuan transaksi dan peristiwa sangat bergantung pada konsep penandingan. Jika perubahan dalam praktik atau prosedur terjadi maka harus diungkapkan.

CINA
Ekonomi Cina digambarkan sebagai ekonomi hybrid, dimana Negara mengontrol komoditas dan industry staretgis, sementara industri lainnya ditumbuhkan dengan sistem yang berorientasi pada pasar, Karakteristik dasar akuntansi cina dimulai pada akhir tahun 1970-an dimana pemimpin Cina menggerakkan  ekonomi dari program terpusat gaya soviet menuju sistem yang lebih berorientasi pasar namun masih dalam kendali partai komunis. Cina menerapkan suatu perekonomian terencana yang sangat terpusat, yang mencerminkan prinsip-prinsip Marxisme dan pola-pola yang dianut Uni Soviet dimana negara mengendalikan hak untuk menggunakan dan distribusi seluruh alat produksi dan memberlakukan perencanaan dan kendali yang kaku atas perekonomian. Pelaporan keuangan Cina cukup sering dilakukan dan lengkap. Dan ciri utamanya adalah orientasi manajemen dana, yang mana dana diartikan sebagai properti, barang, dan material yang digunakan selama proses produksi.
Regulasi dan Pelaksanaan Akuntansi
Undang-undang akuntansi di Cina terakhir kali diubah pada tahun 2000, dimana mencakup semua perusahaan dan organisasi, termasuk semua yang tidak dipegang atau diatur oleh Negara. The State Council/Dewan Pemerintah juga mengeluarkan Aturan Pelaporan dan Akuntansi Keuangan Perusahaan. Dewan Negara (satuan Eksekutif yang berhubungan dengan Kabinet) juga telah mengeluarkan aturan Pelaporan dan Akuntansi Keuangan bagi perusahaan (Financial Accounting and Reporting Rules for Enterprises – FARR).
Pada tahun 1992, Departemen Keuangan mengeluarkan Accounting Standards for Business Enterprises (ASBE). ASBE adalah sebuah konsep kerangka kerja yang dirancang untuk menuntun perkembangan standar baru akuntansi yang ada dan yang pada akhirnya menyeragamkan praktik domestik dan menyeragamkan praktik akuntansi Cina dengan praktik internasional. Tahun  2006  ASBE mengeluarkan susunan baru yang menyajikan ketentuan standar akuntansi Cina yang pada hakikatnya sejalan dengan IFRS.  Dan selanjutnya tahun 1998 Cina mendirikan Komite Standar Akuntansi Cina (The China Accounting Standards Commitee – CASC) sebagai lembaga yang berwenang dalam depertemen keuangan yang bertanggung jawab untuk mengembangkan standar akuntansi.
Laporan Keuangan
Di Cina periode pembukuan akuntansi diminta sesuai dengan kelender tahunan. Dan Laporan Keuangan terdiri atas :
a.       Neraca
b.      Laporan laba rugi
c.       Laporan arus kas
d.      Laporan perubahan ekuitas
e.       Catatan atas laporan keuangan.

Patokan Akuntansi
Metode pembelian digunakan untuk mencatat penggabungan usaha. Goodwill merupakan perbedaan antara biaya dan harga pasar aset dan kewajiban yang diakuisisi. Kapitalisasi dan uji penurunan nilai tahunan diberlakukan untuk goodwill. Metode ekuitas digunakan untuk menghitung usaha gabungan (joint ventures). Semua cabang tergabung dan dibawah kendali induk perusahaan. Selain itu, metode ekuitas juga digunakan bagi investasi dalam rekanan, semua hal menyangkut dengan investee memiliki pengaruh yang signifikan. Penilaian aset menggunakan basis harga perolehan dan biaya depresiasi didasarkan pada basis ekonomi. Sedangakn untuk penilaian persediaan menggunakan metode FIFO dan AVERAGE.

DAFTAR PUSTAKA
http://irmarury.blogspot.co.id/2015/03/tugas-4-akuntansi-internasional.html
Choi, Frederick D.S. Meek, Gary K. International Accounting. Salemba Empat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar